Pada hari Jumat, 24 Januari 2025, SMAN 9 Padang mengadakan kegiatan penyusunan perencanaan kinerja bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Kegiatan ini bertujuan untuk merencanakan langkah-langkah strategis yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2025 guna mencapai hasil yang optimal dalam setiap aspek kegiatan pendidikan.

Penyusunan perencanaan ini berorientasi pada hasil yang ingin dicapai dalam tahun 2025, dan diharapkan dapat menjadi panduan dalam mengoptimalkan kinerja GTK SMAN 9 Padang dalam mendukung tercapainya visi dan misi sekolah. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk merancang kegiatan, tetapi juga sebagai langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 9 Padang, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Kepala SMAN 8 Padang, Bapak Berry Devanda, S.Pd, M.Ed., yang dikenal dengan keahliannya dalam merancang perencanaan pendidikan yang efektif. Dalam sesi penyusunan, Bapak Berry memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana menyusun perencanaan yang tidak hanya berfokus pada kegiatan, tetapi juga pada capaian hasil yang terukur. Beliau menekankan pentingnya setiap langkah yang diambil dalam proses perencanaan kinerja GTK SMAN 9 Padang untuk berbasis pada data dan evaluasi yang objektif, guna memastikan bahwa perencanaan tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan sekolah serta siswa.

Fokus Kegiatan Penyusunan Perencanaan Kinerja

Kegiatan ini melibatkan seluruh GTK di SMAN 9 Padang, mulai dari para guru hingga tenaga kependidikan lainnya. Penyusunan perencanaan kinerja difokuskan pada beberapa aspek penting, antara lain:

  1. Tujuan dan Sasaran Pendidikan 2025: Menetapkan tujuan yang jelas dan terukur yang ingin dicapai pada tahun 2025, baik dari segi peningkatan kualitas pengajaran, kompetensi siswa, maupun manajemen sekolah.
  2. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran: Merancang berbagai metode dan teknik pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di kelas.
  3. Pengembangan Profesionalisme GTK: Menyusun program pengembangan keterampilan dan kompetensi GTK melalui pelatihan, workshop, dan kolaborasi dengan pihak luar yang relevan.
  4. Peningkatan Fasilitas dan Sarana Pendidikan: Merencanakan perbaikan dan pengembangan fasilitas sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik.
  5. Evaluasi dan Monitoring: Menyusun mekanisme evaluasi yang transparan dan berkelanjutan guna memantau pencapaian kinerja serta menentukan langkah perbaikan yang diperlukan.

Melalui penyusunan perencanaan kinerja ini, SMAN 9 Padang berharap dapat menciptakan pendidikan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan adanya arahan dan panduan dari Kepala SMAN 8 Padang, Bapak Berry Devanda, S.Pd, M.Ed., kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMAN 9 Padang, serta membantu setiap GTK untuk lebih fokus dalam mencapai hasil yang maksimal di tahun 2025

Leave a Comment