Pengembangan potensi peserta didik dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan bagian program kurikulum. Alokasi waktu tidak ditetapkan dalam kurikulum. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional kurikulum yang perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan, seperti yang disebutkan pada PP No. 12 Tahun 2024 tentang Pengembangan Ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler pada SMA Negeri 9 Padang dikembangkan dengan prinsip bersifat individual, yakni dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat, dan minat peserta didik masing-masing. Bersifat pilihan serta dikembangkan sesuai dengan minat dan diikuti oleh peserta didik secara sukarela. Keterlibatan aktif menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing. Menyenangkan dalam suasana yang menggembirakan bagi peserta didik. Membangun etos kerja, dikembangkan dan dilaksanakan dengan prinsip membangun semangat peserta didik untuk berusaha dan bekerja dengan baik dan giat. Kemanfaatan sosial, dikembangkan dan dilaksanakan dengan tidak melupakan kepentingan masyarakat.
Kegiatan ekstrakurikuler dirancang diawal tahun pelajaran dibawah bimbingan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala bidang Kurikulum dan Kesiswaan. Sedangkan pembinaan langsung di lapangan dilakukan oleh Pembina OSIS dan beberapa orang guru yang telah ditugasi sesuai bidang kemampuannya serta instruktur (pelatih) dari luar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran kurikuler yang dilaksanakan setiap minggu dengan alokasi 2 jam tatap muka, setiap hari Jumat dan/atau Sabtu.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan di dalam kelas, di luar kelas atau kegiatan lapangan. Perencanaan kegiatan mengacu pada sasaran, substansi, pelaksana, waktu, tempat, serta sarana. Pelaksanaan kegiatan bersifat rutin, spontan yang dilaksanakan secara langsung oleh guru, konselor, dan tenaga kependidikan di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler yang terprogram dilaksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat, dan pelaksana sebagaimana yang telah direncanakan.
1. Fungsi Ekstrakulikuler
- Fungsi pengembangan, yakni bahwa Ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan Peserta Didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi dan bakat, serta pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
- Fungsi sosial, yakni bahwa Ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial Peserta Didik. Kompetensi sosial dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral serta nilai sosial.
- Fungsi rekreatif, yakni bahwa Ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan Peserta Didik. Ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi Peserta Didik.
- Fungsi persiapan karier, yakni bahwa Ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir Peserta Didik melalui pengembangan kapasitas.
2. Tujuan Ekstrakulikuler
- Ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor Peserta Didik.
- Ekstrakurikuler harus dapat mengembangkan bakat, minat, dan potensi Peserta Didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju manusia seutuhnya.
3. Jenis dan Pembina Ekstrakulikuler
No. | Nama Ekstrakurikuler | Pembina Ekstrakurikuler |
---|---|---|
1 | Pramuka (Putra) | Soni Apriadi M., S.S. |
Pramuka (Putri) | Syofinar, S.Pd. | |
2 | Pasbadep/Paskibraka | Anton Virgo, S.Pd. Rizki Ramadhani, S.Pd. |
3 | Palang Merah Remaja | Khairul Saniyah, S.Pd. |
4 | Unit Kesehatan Sekolah | Esti Maitika Sari, S.Pd. |
5 | PIK Remaja | Tianda Hazmil Wibowo, S.Pd |
6 | Rohis | Abdul Aziz, M.Pd. |
7 | Nasyid | Sony Ariadi, S.Pd. |
8 | MSQ | Muhammad Rajab Siregar, M.Pd. |
9 | Tahfiz | Robi Aroka, M.Pd. |
10 | Forum Annisa | Sri Yenni Oktavia, S.Pd. |
11 | Robotik | Asmaini, M.Kom. |
12 | Olimpiade Sains (OSN) | |
a. Biologi | Iswi Widarti, S.Pd. | |
b. Fisika | Hasril, S.Pd. | |
c. Kimia | Megawati, S.Pd. | |
d. Matematika | Mutiara Pertiwi, S.Pd. | |
e. Kebumian | Ariani Parida, S.Pd. | |
f. Ekonomi | Surya Sofia, S.Pd. | |
g. Astronomi | Dina Marlini, M.Pd. | |
h. TIK | Zusrawati, S.Kom. | |
i. Geografi | Elisa Febrina, S.Pd. | |
j. Sosiologi | Armaini Arsil, S.Pd. | |
13 | Ekstrakurikuler Olahraga (O2SN) | |
a. Pencak Silat | Erric Tri Saputra, S.Pd. | |
b. Basket | Ridho Amirsyah, S.Pd. | |
c. Futsal | Fachri Rahmadhan, S.Pd. | |
14 | Ekstrakurikuler Seni (FLS2N) | |
a. Musikalisasi dan Puisi | Sri Hastuti Nurman, S.Pd. | |
b. Tari | Randi Rivandika, S.Pd. | |
c. Monolog | Yuliannisa, S.Pd. | |
d. LDBI / Majalah Sekolah | Sukarni Ferioza, M.Pd. | |
e. NSDC / Story Telling | Pollina, S.Pd. | |
f. Gitar / Nyanyi | Novri Sabrianto, S.Sn. | |
15 | Podcast | Nanang Qozim, S.Ds. |
16 | Sispala | Muhammad Rajab Siregar, M.Pd. |
17 | LCC / Empat Pilar Pancasila | Rahima, S.Pd. |
18 | KORSIT | Chintia Pertiwi, S.Pd. Yose Fernando, S.Pd. |
19 | Japan Club | Betsi, S.Hum. |