TUGAS DAN FUNGSI PPID

  1. Mengoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik yang berada di SMA Negeri 9 Padang, meliputi:
  2. informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
  3. informasi yang wajib tersedia setiap saat;
  4. informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  5. Mengoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh SMA Negeri 9 Padang dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing unit sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.
  6. Mengoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi Publik di bawah penguasaan SMA Negeri 9 Padang yang dapat diakses oleh publik, baik melalui pengumuman dan/atau permohonan.
  7. Mengoordinasikan Informasi publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan.
  8. Mengoordinasikan penyampaian Informasi Publik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami.
  9. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dapat diakses atau dikecualikan.
  10. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak.
  11. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.
  12. Mengembangkan kompetensi PPID dan Petugas Informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.
  13. Mengoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan Informasi Publik ditolak.
  14. Mengoordinasikan setiap unit PPID di SMA Negeri 9 Padang dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik.
  15. Menolak permohonan informasi publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berfungsi:

  1. Pelaksana pelayanan Informasi Publik;
  2. Penanggungjawab pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses Informasi Publik di SMA Negeri 9 Padang;
  3. Penghimpunan Informasi Publik di lingkungan SMA Negeri 9 Padang;
  4. Penyampaian Informasi Publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di lingkungan SMA Negeri 9 Padang;
  5. Pelaksanaan uji informasi publik untuk masuk dalam kategori informasi yang dikecualikan;
  6. Penyediaan dan pemberian layanan informasi publik yang bersifat terbuka;
  7. Penyelesaian sengketa pelayanan Informasi.